Empat Usulan Kelompok Baciro Jadi Prioritas Kegiatan Kecataman Gondokusuman

Category: Advokasi Hak Ekosob, Aktifitas 60 0
Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Gondokusuman, di hotel Horizon Yogyakarta, Kamis (08/02)

Yogyakarta, IDEA- Empat dari lima usulan kelompok Baciro masuk dalam prioritas usulan kegiatan kecataman Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Hal tersebut tertera dalam dokumen Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan Gondokusuman tahun 2019, di hotel Horizon Yogyakarta, Kamis (08/02).  Dalam Musrenbang ini, kelompok Baciro dihadiri langsung oleh Indri, selaku wakil ketua Kelompok tersebut.

Sama halnya dengan Mitra Sehati dan Srikandi Beji di Gunung Kidul, maupun kadipaten lestari di Kota Yogyakarta, kelompok Baciro merupakan organisasi di keluarahan Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Anggota di dalamnya ialah kelompok rentan, perempuan kepala rumah tangga, keluarga difabel dan kelompok penyandang disabilitas. Organisasi ini dibentuk sebagai mitra dalam program Advocating for Change (AFC) hasil kerjasama IDEA, CIQAL serta Handicap International.

Baca Juga: Jelang Musrenbang, Kelompok Baciro Identifikasi Usulan Masyarakat

Musrenbang kecamatan bertajuk ’Meneguhkan kota Yogyakarta sebagai Kota Nyaman Huni dan Pusat Pelayanan Jasa yang Berdaya Saing Kuat untuk Keberdayaan Masyarakat dengan Berpijak pada Nilai Keistimewaan’ ini  dibuka oleh  Jalaludin, selaku camat Gondokusuman, serta Heru Purwadi selaku wakil wali Kota Yogyakarta.

Selain dihadiri langsung oleh ketua camat Gondokusuman dan wakil walikota Yogyakarta, hadir pula sebagai peserta dalam forum ini delegasi dari masing-masing kelurahan, perwakilan lembaga sosial tingkat kecamatan, dan OPD teknis terkait sebagaimana undangan. Sedangkan pendamping dalam musrenbang kecamatan ini ialah Forum Komunikasi Pimpinan Kecataman (FORKOMPINKA), anggota DPRD kota Yogyakarta Dapil Gondokusuman, serta fasilitator bidang yang ditunjuk.

Sebelum sidang pleno, peserta yang hadir dibagi dalam dua komisi. Pembagiannya ialah, komisi A membahas dan melakukan sidang komisi bidang fisik sedangkan komisi B membahas dan melakukan sidang komisi bidang non fisik. Pimpinan sidang pleno dan komisi, seperti tertulis dalam rancangan tata tertib musrenbangcam, sudah ditentukan sebagaimana hasil rapat pra musrenbang kecamatan.

Adapun usulan Kelompok Baciro yang masuk dalam dokumen Musrembangkel Baciro dan diprioritaskan pada Musrembangcam Gondokusuman 2019 diantaranya ialah penyegaran/penguatan kelompok Baciro, pelatihan pembuatan Bakpia, pelatihan membuat batik sibori, serta pelatihan bahasa isarat tuna rungu. Sedangkan usulan yang tidak masuk dalam dokumen Musrenbangcam 2019 ialah terkait pengolahan bank sampah.

Baca Juga: Pengembangan Ekonomi Disabilitas Masuk Program Prioritas dalam Musrenbang Kecamatan Patuk

Kontributor: FES

Editor: AH

Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles

Add Comment