Literasi Media Digital ‘Atmago’ Sukses Terselenggara di Seluruh Kabupaten di DIY

Category: Women and Digital Literacy 22 0
Salah Satu Potret Pelaksanaan Publik Ekspos Literasi Media Digital Atmago, di Sleman, Sabtu (17/11).

DI. Yogyakarta, IDEA – Publik Ekspos Literasi Media Digital Atmago akhirnya memasuki pelaksanaan terakhir, Jum’at (30/11) di Pendopo Joglo Tani, Seyegan, Sleman. Para pegiat organisasi Joglo Tani menjadi penerima manfaat dari workshop bertajuk ‘Perempuan Merebut Ruang Publik ini. Selain pegiat Joglo Tani, Pengurus Cabang Muslimat NU Sleman juga berkesempatan mendapat workshop dan pemahaman literasi digital tersebut, Sabtu (17/11).

Sementara di Kulon Progo, Publik Ekspos Literasi Media ini diselenggarakan bagi kelompok Karang Taruna desa Banjaroyo, Kalibawang, Minggu (18/11), dan kelompok perempuan penggerak PAUD desa Kebonharjo, Samigaluh, Rabu (28/11).

Sebelumnya, pelaksanaan Literasi Media Digital Atmago sudah diberikan bagi beberapa kelompok perempuan, perangkat desa, hingga kelompok pemuda di kabupaten Gunungkidul, Bantul, dan Provinsi DIY.

Baca juga: Jaringan Perempuan Gunungkidul dan Kulonprogo Belajar Jurnalisme Warga

Dalam ‘Publik Ekspos’ ini, warga yang terlibat dipandu langsung oleh sesama warga yang sebelumnya sudah mengikuti Workshop Literasi Media Digital di tiap-tiap kabupaten di DIY.

‘Publik Ekspos Literasi Media Digital’ merupakan pengenalan secara meluas terhadap kelompok perempuan tentang pentingnya memiliki kemampuan literasi media digital. Pengenalan literasi media digital ini diadakan agar perempuan memiliki kesadaran dalam membaca, menulis dan menginformasikan kegiatan-kegiatan, usaha kreatif, maupun praktik/pengalaman baik di sekitarnya.

Hal tersebut tak lepas dari masih minimnya isu-isu perempuan yang dikampanyekan oleh kelompok perempuan di media massa. Padahal, partisipasi kelompok perempuan sejauh ini sudah cukup banyak mewarnai kebijakan dan pembangunan di wilayah desa maupun di luar desa.

Baca juga: Melalui Aplikasi Atmago, IDEA Yogyakarta Giatkan Literasi Media untuk Perempuan

Literasi Media Digital bagi Kelompok Perempuan merupakan program yang diberikan IDEA Yogyakarta dan Atma Connect untuk memperkuat tradisi literasi di kalangan masyarakat, khususnya kelompok perempuan.

Sementara AtmaGo merupakan situs web dan aplikasi Android gratis yang dibuat Atma Connet untuk digunakan dalam melaporkan masalah, berbagi solusi, mencari pekerjaan, dan memposting berita mengenai lingkungan sekitar tempat kita tinggal. AtmaGo diciptakan dengan ide dan semangat “warga bantu warga” untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik dari bawah.

Kontributor/Editor: AH

Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles

Add Comment