Pemda Jember Berkomitmen Perbaiki Layanan Kesehatan

Category: Advokasi Hak Ekosob, Aktifitas 30 0
Wakil Bupati Jember, A. Muqit Arief Saat menandatangani maklumat pelayanan BPJS PBI, Selasa, 05/12/2017.

Jember, IDEA – Wakil Bupati Jember, A. Muqit Arief bersama Kepala Dinas Kesehatan, Siti Nurul Qomariah, Kepala BPJS Kesehatan, Tanya Rahayu dan Kepala Bappeda menandatangani maklumat pelayanan BPJS PBI, Selasa, 05/12/2017. Maklumat yang ditandatangani di Hotel Dafam, Jember ini adalah sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah Kabupaten Jember untuk memperbaiki kinerja layanan publik di sektor kesehatan.

Sebelumnya, maklumat ini disusun berdasarkan hasil survey kepuasan masyarakat atas layanan kesehatan BPJS PBI di lima puskesmas dari lima Kecamatan dan 3 RSUD di Kabupaten Jember pada bulan Maret sampai Agustus 2017. Lima kecamatan ini meliputi Kecamatan Sumberbaru, Kecamatan Kencong, Kecamatan Ajung, Kecamatan Ledokombo dan Kecamatan Silo.

Wakil Bupati menyampaikan bahwa survey ini dapat menjadi bahan masukan bagi pemkab, karena didukung dengan data dan fakta yang lengkap. “Sehingga kami dapat menggunakannya untuk memperbaiki layanan kesehatan khususnya untuk masyarakat miskin atau penerima PBI di Kabupaten Jember,”ujarnya.

Baca Juga : Launching Hasil Survey Kepuasan Masyarakat Atas Layanan Kesehatan BPJS PBI di Kab. Jember

Sementara itu, Nadifatul Qoiroh, perwakilan surveyor, mengatakan bahwa dari 9 aspek layanan kesehatan yang disurvey dalam SKM ini rata-rata tingkat kepuasan masyarakat ada dalam kisaran 75 – 80 %, baik di level FKTP maupun FKTL. Jika menilik pada hasil tersebut, maka Pemerintah Jember hanya memiliki pekerjaan rumah sebanyak 20 – 25 % layanan yang kurang memuaskan. Sedangkan 75 – 80 % layanan yang sudah baik tinggal dilanjutkan dan ditingkatkan untuk mencapai derajat kinerja layanan publik sektor kesehatan, khususnya layanan kesehatan BPJS PBI yang lebih baik.

Penandatanganan maklumat pelayanan ini juga menjadi moment terbentuknya forum multipihak yang secara periodik akan membahas tentang persoalan layanan kesehatan di Jember. Selain itu, forum ini juga akan menjadi pengawas pelaksanaan maklumat layanan tersebut. Keterlibatan IDEA sendiri sedari awal ialah melakukan pendampingan agar warga mau melakukan survey kepuasan masyarakat terkait pelayanan kesehatan BPJS. Sebelum survey, IDEA juga memberikan training baik terkait teknis suvey, cara mengolah, hingga meprensentasikan hasil surveynya.

Setelah ditandangani, maklumat pelayanan ini dipasang di kantor BPJS, Dinas Kesehatan, RSUD dan lima puskesmas lokasi survey, sehingga masyarakat dapat membaca dan mengetahui strandart layanan kesehatan BPJS PBI. [TSW]

Editor: AH

Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles

Add Comment