Pengembangan Ekonomi Disabilitas Masuk Program Prioritas dalam Musrenbang Kecamatan Patuk

Category: Advokasi Hak Ekosob, Aktifitas, Berita Komunitas 73 0
Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kecamatan Patuk, Kamis (09/02)

Gunung Kidul, IDEA – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kabupaten Gunung Kidul sudah dilaksanakan di beberapa kecamatan. Setelah kecamatan Nglipar Senin (05/02), kini tepat pada Kamis (08/02), giliran kecamatan Patuk yang melaksanakannya. Kegiatan bertajuk Musrenbang RKPD 2019 kecamatan Patuk ini dilaksanakan langsung di balai kecamatan Patuk.

Baca Juga: Kecamatan Nglipar Bahas Tiga Isu Prioritas dalam Musrenbang RKPD

Peserta dalam Musrenbang patuk ini hadir dari beragam latar belakang, karena beberapa perwakilan dari instansi pemerintah maupun kelompok masyarakat tingkat kabupaten hingga desa hadir dalam forum ini. Mereka diantanya ialah perwakilan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Gunungkidul, pemerintah kecamatan, perwakilan pemerintah desa se kecamatan Patuk, perwakilan organisasi masyarakat tingkat kecamatan dan desa, FKDG Kecamatan Patuk, Orsos Mekarsari Desa Beji, sertas Srikandi Beji.

Srikandi Beji itu sendiri merupakan organisasi di desa beji. Anggota didalamnya ialah kelompok rentan, perempuan kepala rumah tangga, keluarga difabel dan kelompok penyandang disabilitas. Organisasi ini dibentuk sebagai mitra dalam program Advocating for Change (AFC) hasil kerjasama IDEA, CIQAL serta Handicap International.

Camat Patuk, R. Haryo Ambar Suwardi, menyatakan bahwa salah satu program prioritas dalam musrenbang ini ialah pengembangan ekonomi disabilitas melalui pengadaan los kios di eks-kecamatan Patuk yang akan dimanfaatkan oleh disabilitas.

Sedangkan program Prioritas kecamatan Patuk pada tahun 2019 adalah, bantuan jambanisasi keluarga miskin, penguatan kapasitas bimbingan teknologi perencanaan pembangunan dan pengelolaan keuangan desa serta pembangunan prasarana fisik.

Kontributor: IKM ׀ Editor: AH

Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles

Add Comment