Puluhan Wanita Wadul ke Dewan

Category: Berita Komunitas 2 0

WONOSARI: Puluhan perempuan tergabung dalam Jaringan Kelompok Perempuan Gunungkidul (JKPGK) mendatangi anggota DPRD Gunungkidul. Kedatangan kaum perempuan, Rabu (21/10) kemarin membawa berbagai persoalan yang selama ini tak terselesaikan.

Kaum perempuan ini berharap wakil rakyat untuk melakukan tugas dan kewenang annya agar mendesak Pemkab Gunungkidul tidak lamban seperti saat ini. Persoalan seperti tidak terpenuhinya kebutuhan air bersih bagi masyarakat, anggaran droping yang mungkret, kenaikan tarif dasar air PDAM yang mencekik, sistem birokrasi pelayanan pemerintahan yang buruk dan kualitas penanganan tenaga medis di Puskesmas yang tidak syarat dengan pemenuhan hak masyarakat kecil diusung JKPGK saat ditemui seluruh jajaran pimpinan DPRD dan fraksi Gunungkidul.

Kepada tujuh fraksi DPRD Gunungkidul dipimpin Ratno Pintoyo, JKPGK yang terdiri dari enam elemen yaitu Kelompok perempuan Ngudi Makmur kecamatan Paliyan, Kelompok Tani Wanita Sedyo Maju kecamatan Wonosari, Kelompok kader Posyandu Dwi Manunggal kecamatan Panggang, Kelompok perempuan Sumber Rejeki Playen, Serikat Tani Pembaharu (SPP) berharap Dewan segera merespons persoalan yang disampaikan.

Juru bicara JKPGK Purwanti mengatakan permasalahan kesehatan dilihat masih seputar buruknya pelayanan tenaga dan sistem birokrasi baik yang ada di dinas, puskesmas, maupun RSUD. Diskriminasi pelayanan medis masih sering ditemui menimpa pasien pemegang Jamkesmas/jamkesos tyermasuk jenis obat yang diberikan.

Secara tegas JKPGK meminta Pemkab Gunungkidul untuk kenaikan tarif dasar air PDAM digagalkan karena dinilai memberatkan warga setelah SK Bupati Gunungkidul tentang tarif dasar baru PDAM diberlakukan.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Ratno Pintoyo berjanji akan menindaklanjuti berbagai persoalan yang disampaikn JKPGK. Hanya saja Ratno menjelaskan saat ini dengan kendala belum adanya tatib akibat PP tak kunjung turun menjadi hambatan DPRD dalam melangkah. Namun Ratno meminta berbagai persoalan yang sudah disampaikan JKPGK segera di tindaklanjuti jajaran fraksi di DPRD. (Endro Guntoro)

Sumber: Harian Jogja Online di: http://www.harianjogja.com/web2/beritas/detailberita/9341/puluhan-wanita-wadul-ke-dewanview.html

 

Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles

Add Comment