Modul 01: Sistem Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Category: Buku, Pengurangan Risiko Bencana 32 0

Sampul-Modul-11

Seri Pelatihan tata Kelola Pengurangan Risiko Bencana

Wilayah Indonesia merupakan “Super Market” bencana, dengan kata lain tidak ada wilayah yang sama sekali tidak mempunyai potensi ancaman bencana. Data kejadian dan dampak bencana menunjukkan beberapa ancaman bencana yang dominan di Indonesia, yaitu (1) gempa bumi dan tsunami, (2) tanah longsor/gerakan tanah, (3) letusan gunung api, (4) banjir dan (5) kekeringan. 

Beberapa daerah mempunyai potensi tinggi terhadap ancaman bencana. Potensi  ancaman bencana gempa bumi terjadi di 22 provinsi dengan 184 kabupaten/kota.  Untuk potensi ancaman bencana tsunami diprediksikan dapat terjadi di 16 provinsi dengan 60 kabupaten/kota. Adapun ancaman letusan gunung api terdapat di 17 provinsi dengan 79 kabupaten/kota. Sedangkan 24 provinsi dengan 152 kabupaten/kota mempunyai potensi ancaman yang tinggi terhadap bencana kekeringan.

Kemudian untuk ancaman bencana banjir berpotensi tinggi terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia, yaitu berpotensi terjadi di 30 provinsi dengan 174 kabupaten/kota. Ancaman gerakan tanah atau lebih banyak dikenal dengan tanah longsor berpotensi terjadi di 24 provinsi yang mencakup 154 kabupaten kota.2  Ancaman bencana lainnya seperti; angin punting beliung, kebakaran hutan dan perumahan, abrasi, kegagalan teknologi serta konflik sosial juga sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles

Add Comment