Sudahkah Perencanaan Penganggaran Daerah Responsif Gender?

Category: Agenda Kegiatan, Aktifitas, Uncategories 6 0

Sejumlah SKPD yang ada di Kabupaten Bantul melakukan Rakor tentang Anggaran Responsif Gender di Gedung Parasamya, Jum’at 22 Juni 2012.

Rakor ini adalah tindak lanjut dari Rapat Koordinasi yang digagas oleh IDEA bekerjasama dengan BKKPPKB Kab. Bantul untuk melihat sejauh mana perencanaan penganggaran daerah yang responsif gender.

Dalam rapat koordinasi tersebut masih banyak muncul persoalan tentang konsep gender yang belum di amini oleh seluruh SKPD selaku pemangku kebijakan, sehingga dalam praktek perencanaan penganggaran responsif gender masih mengalami kendala.

Sebagai langkah awal untuk mendorong perencanaan responsif gender, disepakati untuk melakukan analisis satu kegiatan dari masing-masing SKPD apakah sudah responsif gender dengan menggunakan alat analisis GAP (Gender Analysis Pathway) dan GBS (Gender Based Statement).

Dari hasil analisis masing-masing SKPD terlihat bahwa beberapa program kegiatan sudah responsif gender, hanya saja selama ini tidak semua SKPD melakukan analisis gender sehingga tidak tahu mana program kegiatan yang sudah responsif gender.

Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles

Add Comment