Transparansi Anggaran Sekolah

Category: Advokasi Hak Ekosob, Berita Komunitas 20 0

113 Februari 2016, SMP Negeri 2 Bambanglipuro Bantul mengadakan kegiatan Lustrum ke-8 sekolah tersebut. Salah satu rangkaian kegiatan lustrum adalah launching sekolah transparan dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Sekolah SMPN 2 Bambanglipuro Bantul dan Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul.

Kepala Sekolah Denok Wiyanti menyebutkan, dengan adanya sekolah transparan, diharapkan sekolah mampu dipercaya oleh masyarakat dalam pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel. Sekolah juga mampu mewujudkan tata kelola anggaran yang baik, sehingga penggunaan anggaran sekolah benar-benar bermanfaat untuk mewujudkan sekolah yang terjangkau dan berkualitas bagi siswa dan masyarakat pada umumnya.

Kehadiran sekolah transparan di SMPN 2 Bambanglipuro didukung oleh IDEA, melalui serangkaian kegiatan, diantaranya adalah workshop bersama dengan wali murid tentang penting transparansi anggaran dan  workshop bersama dengan pihak guru dan tim administrasi sekolah.

Kedepan, sekolah-sekolah yang lain juga diharapkan dapat mewujudkan sekolah transparan melalui media online dan offline sehingga tata kelola anggaran sekolah mampu lebih baik dan mampu mencegah tindak korupsi di lingkungan sekolah. Selain itu, peran masyarakat dalam pengawasan pengelolaan anggaran akan lebih meningkat karena mengetahui informasi anggaran sekolah mulai dari perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban anggaran. (TNK)

Pencarian:

transparansi sekolah,
Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles

Add Comment