Komunitas Dampingan IDEA di Pacitan

Category: Berita Komunitas 6

Berita terkini dari Pacitan

Pertama, target pembentukan 4 komunitas telah tercapai dengan telah diadakannya 1x fw di srahu pada tanggal 13 Des 08, pukul 20.00 – 22.30 wib dirumah Bapak Kamituwo (Kasun), dengan agenda sosialisasi. Masyarakat srahu masih belum terbiasa mengadakan pertemuan dengan pihak luar, termasuk IDEA, sehingga yang hadir masih sebatas satu RT saja. Untuk partisipan perempuan sudah cukup banyak, hampir separuh. Tetapi untungnya sikap ini langsung melunak saat tahu lDEA menjelaskan lebih lanjut agenda yang ditawarkan.

Forum Warga ke dua langsung disepakati tanggal 20 Des 08 jam 09.00 wib. Padahal semula masyarakat sangat keras mengajak Forum Warga berikutnya tanggal 11 Jan 09 dengan alasan pikir-pikir dulu. Memang harus dipahami bahwa masyarakat Srahu termasuk terisolir. Saat kami putarkan film Panjangka Tan Kena Sirna, mereka tertarik.

Hari ini, 15 Des 08 jam 10.30 – 12.30 wib ada Forum Warga di Kelompok Kader Posyandu Plumbungan. hari ini kita diajak sinau tentang teknis penyiapan dialog publik. membahas seputar penguatan materi dialog dan sedikit teknis seting forum. Masyarakat Plubungan masih belum “PeDe” dan masih sangat minder dan “ketakutan” jika ketemu dengan para pejabat. Agenda FW berikutnya tanggal 8 Jan 09, dengan agenda memperdalam dan menyusun usulan program sebagai bahan dialog. Forum kali inihanya dihadiri sedikit orang, khususnya pengurus karena bersamaan dengan pertemuan pengrus PKK.

Terakhir, agenda yang akan datang adalah:

– Forum Warga Srahu tgl. 20 Des 08 jam 09.00 wib di rumah Pak Kasun Srahu. agenda putar film “Panjangka.. .” dan pengorganisasian.

– Forum Warga Punjung tgl. 24,25 Des 08 di Balai desa. Agenda tgl 24 (direncanakanpertem uan jam 13.00) adalah membahas persiapan materi diskusi yang akan mengundang bapak2 esok hari. untuk tgl 25 diagendakan FW multi stake holder tingkat desa untuk membuat wadah bersama dengan difasilitasi oleh kelompok perempuan.

– Forum Warga Pager Gunung tanggal 28 Des 08 dengan agenda pendalaman masalah dan memualai penyusunan usulan dan program kelompok.

selanjutnya untuk pemenuhan target program dengan agenda Lokakarya masih menunggu kesiapan masing-masing komunitas, khususnya Srahu. semoga harapan Bu PM untuk melaksanakan sinau anggaran di Srahu maksimal pertengahan bulan pertama tahun depan dapat terealisasi. (Agus Setyawan)

Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles