Kelompok Rentan

Upaya Mendorong Partisipasi Warga
Agenda Kegiatan 3 0
3 0

Upaya Mendorong Partisipasi Warga

Diskusi siang di hari kedua gelaran Greget Desa 2017 mengusung konsep yang berbeda dengan diskusi sebelumnya. Diskusi diselengarakan dengan mekanisme panel, peserta dibagi kedalam tiga kelas berbeda untuk saling berdiskusi…

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,
Pentas Sendratari Dlingo Sambut Hangat Para Peserta Greget Desa 2017
Agenda Kegiatan 27 0
27 0

Pentas Sendratari Dlingo Sambut Hangat Para Peserta Greget Desa 2017

“Suhu dingin desa Dlingo mendadak hangat saat peserta mulai mencicipi wedang uwuh dan dihibur kesenian lokal Sendratari” Malam ini, seperti malam-malam biasanya di bulan Agustus, angin selatan mulai menunjukkan wajahnya,…

Tagged: , , , , , , , , , ,
Profil Jaringan Kelompok Perempuan Gunungkidul (JKPGK)
Berita Komunitas 16 0
16 0

Profil Jaringan Kelompok Perempuan Gunungkidul (JKPGK)

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang memiliki wilayah terluas dibandingkan kabupaten yang lain di DIY. Akan tetapi, Gunungkidul termasuk wilayah yang tandus. Stuktur tanah berbatu (karst) menyebabkan daerah ini mengalami kesulitan air, apalagi di musim kemarau. Sehingga Gunungkidul dikategorikan sebagai daerah kekeringan.

Kondisi geografis gunungkidul menyebabkan masyarakat kesulitan mengembangkan potensi ekonomi. sehingga banyak warga usia produktif yang pergi merantau untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Kondisi ini, menyebabkan banyak pihak yang ingin membantu melalui kegiatan pemberdayaan masyarakatnya. Tahun 2004, IDEA melalui program “Pelembagaan Partisipasi Perempuan Dalam Kebijakan Penganggaran Daerah Gunungkidul” menemani 5 kelompok perempuan di 5 kecamatan. Kelompok itu adalah:

Tagged: , , , ,