Kecamatan Nglipar Bahas Tiga Isu Prioritas dalam Musrenbang RKPD

Category: Advokasi Hak Ekosob, Aktifitas, Berita Komunitas 55 0
Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kecamatan Nglipar, Senin (05/02).

Gunung Kidul, IDEA – Pemerintah Kecamatan Nglipar, Gunung Kidul, melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Senin (05/02). Berlangsung di Balai Kecamatan Nglipar, salah satu tujuan dilaksanakannya musrenbang ini ialah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan Nglipar.

Dalam Musrenbang kecamatan ini, hadir perwakilan pemerintah desa berserta unsur perempuan masing-masing desa di Nglipar, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) daerah pemilihan Nglipar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, serta perangkat pemerintah kecamatan. Hadir pula perwakilan dari Mitra Sehati dan Mitra Sejahtera. Keduanya merupakan organisasi kelompok rentan yang berada di desa Nglipar.

Mitra Sehati sendiri merupakan organisasi kelompok rentan di Desa Nglipar, Gunung Kidul yang didampingi oleh IDEA. Melalui program #AdvocatingForChange IDEA mendampingi Mitra Sehati kaitannya dengan pemenuhan hak-hak dasar mereka oleh pemerintah setempat, seperti mendorong adanya fasilitas publik yang aksesibel.

Baca Juga: Bahas Persiapan Musrenbang, Mitra Sehati Lakukan Pertemuan Rutinan

Camat Nglipar Drs. Witanto, mengatakan bahwa dalam forum musrenbang ini, ada tiga isu prioritas kecamatan yang dibahas, hal itu diantaranya ialah terkait pembangunan infrastruktur wisata, pengembangan seni-budaya, serta pembangunan sektor pertanian di Kecamatan Nglipar.

Sayangnya, forum Musrenbang ini mengundang kekecewaan kelompok Mitra Sehati. Menurut kelompok tersebut, usulan mereka tidak difasilitasi dalam forum Musrenbang ini. Usulan yang masuk ke Musrenbang hanya mengakomodir usulan dari pemerintah desa yang sudah ada di daftar usulan RKPD. Bahkan, Mitra Sehati tidak diberi kesempatan untuk memberikan usulan tambahan.

Seperti diketahui, menurut Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunung Kidul, tema utama RKPD Gunungkidul tahun 2019 ialah “Mengoptimalkan pengembangan industri pariwisata dan peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan kemandirian daerah,”

Kontributor: IKM

Editor: AH

Jadilah yang pertama membagikan kabar ini ^_^

Related Articles

Add Comment